Senin, 23 Juni 2014

Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes



Al-Qur'an mewajibkan umat Islam untuk berpuasa selama bulan Ramadhan dari matahari terbit sampai matahari terbenam. Terkecuali untuk orang yang sakit dan tidak mampu berpuasa termasuk 
penderita Diabetes.

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Diabetes atau yang biasa dikenal dengan Penyakit Gula adalah suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin sesuai kebutuhan atau tubuh tidak bisa memanfaatkan secara optimal insulin yang dihasilkan sehingga terjadi kelonjakan kadar gula dalam darah melebih normal. Pada penderita Diabetes tentu pola dietnya sangat diperhatikan untuk dapat mengontrol gula darahnya. Namun pada saat puasa apakah baik untuk penderita diabetes ?.

Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, dr Tirta Purwita Sari mengatakan, puasa baik untuk penderita diabetes. Sebab, puasa akan meningkatkan sensitifitas hormon insulin yang bekerja untuk metabolisme karbohidrat dan apabila tidak ada maka gula darah akan tinggi dan tidak terkontrol. Tapiu semua tergantung pada kondisi penderita, apabila penderita harus suntik insulin atau minum obat tiga kali sehari maka tidak bisa puasa, dan hanya yang gula darahnya terkontrol yang bisa berpuasa.

Namun untuk lebih baiknya konsultasikan kepada dokter Anda apakah boleh berpuasa atau tidak. Dan apabila Anda sudah berkonsultasi dan memutuskan untuk berpuasa maka yang harus Anda lakukan : (Diabetes. UK)
  1. Jika Anda memakai insulin, Anda perlu insulin lebih sedikit pada saat sahur.
  2. Jenis insulin Anda perlu diubah dari yang Anda pakai biasanya.
  3. Insulin pra-campuran tidak direkomendasikan selama puasa.
  4. Pada saat sahur, makanlah makanan yang lambat diserap tubuh (rendah Glukosa) seperti roti gandum, nasi dalam porsi kecil dan dibarengi dengan buah dan sayuran serta hindari makanan tinggi lemak.
  5. Selalu cek kadar gula darah Anda lebih sering agar dapat memonitor kadar gula darah Anda saat menjalani puasa (dilakukan pada saat sedang tidak berpuasa).
  6. Pada saat buka puasa kontrol makanan Anda seperti yang dianjurkan dokter pada saat konsultasi, dan perbanyak minum air putih, hindari minuman bebas gula dan kafein.

"Setulus Hati Kami Melayani"
RSIA Lembayung Husada
 
 
jl. A. Yani km. 36 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar