Senin, 16 Juni 2014

Mengenal Sedikit Morning Sickness dan Tips Menguranginya



Bagi para Bunda yang di saat ini hamil pasti pernah atau mengalami mual muntah atau biasa disebut dengan Morning Sickness. Mual muntah pada saat hamil adalah hal yang wajar. Morning Sickness terjadi karena ada peningkatan hormon estrogen dan progesteron sehingga mempengaruhi fungsi saraf serta alat tubuh lainnya.

Ada teori yang mengemukakan Morning Sickness adalah untuk mempertahankan embrio dari racun tubuh yang masuk dari makanan atau minuman. Hal ini dibuktikan pada daerah wanita yang mengkonsumsi jagung pada saat hamil memiliki tingkat kejadian mual muntah lebih sedikit dibandingkan yang hidup didaerah makanan seafood, karena jagung memiliki kadar racun lebih sedikit dibandingkan seafood. Morning Sickness ini terjadi ketika kehamilan pada minggu keenam dan puncaknya pada minggu kedelapan. Morning Sickness akan berbahaya bila adanya sindrom hyperemesis gravidarum yang memiliki tanda tidak menerima makanan dan mual ketika mengkonsumsi air. Apabila terjadi seperti itu segera konsultasi dengan dokter spesial kandungan Anda.

Inilah beberapa tips mengatasi rasa mual muntah disaat kehamilan Anda :
1.      Cobalah mengkonsumsi makanan kering seperti cracker, roti, puding dan lauk pauk yang kering seperti ayam goreng, empal daging, ikan goreng.
2.      Hindari makanan seafood, junkfood dan lainnya yang akan menyebabkan rasa mual muntah.
3.      Pada ibu hamil yang menderita mual muntah akan terjadi penurunan tekanan darah yang mengakibatkan pusing dan bila Anda bangun pagi jangan langsung beranjak dari tempat tidur, duduklah selama beberapa menit dulu dan bangun perlahan.
4.      Hindarilah makanan pedas dan berlemak karena akan sangat memicu mual muntah datang.
5.      Perbanyak minum air putih hangat tapi jangan sekaligus agar tidak terjadi dehidrasi akibat mual muntah.


"Setulus Hati Kami Melayani"
RSIA Lembayung Husada
 
 
jl. A. Yani km. 36 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar