Jumat, 20 Juni 2014

Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui



Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi tiba, bulan ketika kita berpuasa menahan lapar dan haus sampai tiba waktunya berbuka puasa. Tapi bagaimana dengan ibu hamil atau menyusui ? Apakah berpuasa tidak mengganggu kehamilannya ? Apakah berpuasa tetap bisa mengeluarkan ASI ?

Para ibu hamil dan ibu menyusui kerapkali was-was saat memasuki bulan Ramdhan. Mereka khawatir puasa yang dilakukan di bulan suci ini dapat memengaruhi perkembangan dan kesehatan janin atau bayi. dr Marly Susanti, Sp.OG mengungkapkan tidak ada perbedaan antara ibu hamil atau menyusui dengan yang tidak hamil. Ibu hamil jelas boleh berpuasa. Pada ibu hamil, glukosa, insulin, laktat dan carnitin turun, sedangkan trigliseride dan hydroxybutyrate meningkat. Dengan demikian ibu hamil yang mengerjakan puasa Ramadhan, dia dan janinnya tidak akan kekurangan gizi. Puasa juga tidak mempengaruhi berat badan bayi yang akan lahir. (Ahli kebidanan dan kandungan Klinik Yasmin dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo)

Berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat dilakukan ibu hamil selama berpuasa :
Saat Sahur
1.      Pilih makanan yang mengandung tinggi protein dan lemak dalam jumlah yang cukup sehingga tidak cepat lapar pada saat berpuasa.
2.      Perbanyak minum air putih hingga waktu sahur habis dan minum segelas susu hangat agar terhindar dari anemia, bila perlu minum zat besi sebelum berpuasa.
3.      Konsumsi juga makanan yang tinggi Vitamin C dan mineral lainnya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh pada saat puasa.
4.      Jangan terlalu banyak mengkonsumsi air manis agar tidak terjadi Shock Insulin.
Saat Berpuasa
1.      Kurangi porsi beraktivitas dan berpikiran berat, sedapat mungkin hindari stress dan marah.
2.      Cukup istirahat dan bila mungkin sediakan istirahat lebih.
3.      Batalkan puasa apabila muntah lebih dari 3 kali agar terhindar dari dehidrasi, diare yang diikuti mual muntah, lemas dan pusing pertanda hipoglikemi (kurang gula), keringat dingin pertanda ibu hamil kekurangan kalori saat puasa.
Saat Buka Puasa
1.      Awali dengan minuman yang hangat dan manis seperti teh atau susu ditambah gula dan tentu dengan kadar secukupnya.
2.      Kemudian menyantap karbohidrat seperti kolak dan kurma dan makan dengan porsi seperti makan malam biasanya.
3.      Dan sebelum tidur cobalah minum air hangat agar ASI memproses produksinya.

"Setulus Hati Kami Melayani"
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 36 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280


Tidak ada komentar:

Posting Komentar