Jumat, 27 Juni 2014

Berpuasa Bagi Penderita Hipertensi, Apa Bisa ?

Tentu Anda tau apa itu hipertensi. Ya, penyakit yang sering disebut darah tinggi ini memang menjadi salah satu penyakit dengan angka kejadian yang tinggi. Untuk Penderita Hipertensi ini memerlukan diet khusus agar tekanan darahnya tidak terlalu tinggi atau paling tidak merasa Penderita nyaman dengan tekanan darahnya. Lalu bagaimana Penderita Hipertensi menghadapi bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari lagi untuk menjalankan ibadah puasa, apakah bisa ? Tentu saja bisa selama tekanan darahnya terkontrol dan minum obat secara teratur.

Diet hipertensi atau yang sering disebut diet garam natrium (garam dapur, soda kue, baking powder, natrium benzoat, dan vetsin. Menurut WHO, kadar natrium yang sebaiknya dikonsumsi perharinya adalah 2400 mg yang setara dengan 6 g garam dapur. Oleh karena itu, perlu diet khusus yang mengatur diet hipertensi.

Oleh karena itu, bagi penderita hipertensi harus menjaga pembuluh darah agar tekanannya selalu terkontrol. Saat puasa sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam, perbanyak serat, dan mengurangi konsumsi lemak jenuh. Diet dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan adalah diet yang tepat saat berpuasa seperti konsumsi pisang, apel, jeruk, tomat, kentang, dan susu skim yang mengandung kalsium membantu mencegah dan mengobati hipertensi.




"Setulus Hati Kami Melayani"
RSIA Lembayung Husada
 
 
jl. A. Yani km. 36 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar