Rabu, 11 Juni 2014

Susu Untuk Bayi Anda, ASI atau Formula ?



Perkembangan zaman sekarang telah banyak susu formula dari berbagai merk diproduksi, salah satunya susu formula untuk bayi yang banyak dikonsumsi selain ASI. Namun disaat itu pula para Bunda banyak yang lupa akan manfaat ASI dari ibunya untuk Si Bayi. Salah satu faktor yang membuat Bunda lupa memberikan ASI disaat bayinya dibawah 6 bulan adalah kesibukan. Jangan lupakan manfaat ASI untuk bayi Bunda. Bayi harus diberikan ASI eksklusif dari lahir sampai umur 6 bulan sebagai asupan nutrisinya tanpa diberikan asupan lain seperti susu formula, bubur, dan lain-lain. (Utami Roesli, 2001)
Namun kenapa dan apa sih manfaat dari ASI itu sampai harus eksklusif ?

  1. ASI mengandung 87,5% air, oleh karena itu bayi tidak perlu lagi mendapatkan cairan lain.
  2. Laktosa adalah sumber karbohidrat yang terkandung dalam ASI untuk perkembangan otak bayi yang kandungannya 2 kali lipat dari susu sapi atau formula dan penyerapan laktosa pada ASI lebih baik dibanding susu formula sehingga mengurangi angka kejadian diare.
  3. Protein Whey dan Casein pada ASI tentu lebih banyak dan mudah diserap bayi dibandingkan susu sapi.
  4. ASI mengandung taurin, DHH, dan AA yang cukup kompleks dibanding susu sapi.
  5. ASI mengandung zat imunologi yang lengkap seperti imunoglobulin A, Laktoferin, Lysosim, dan factor bifidus (penunjang pertumbuhan bakteri baik Lactobacillus bifidus).
  6. Dari aspek neurologis koordinasi syaraf menelan, menghisap dan bernafas bayi akan lebih sempurna. Serta akan lebih dekat dan mengenal bahwa itu adalah Bundanya dia.
  7. Dan terakhir dari segi ekonomis, ASI itu gratis dan simpel.
 
 
 
"Setulus Hati Kami Melayani"
RSIA Lembayung Husada
Jln. A. Yani KM. 36 Simpang Empat Banjarbaru
Telp: (0511) 4777115/ 4774982 Fax; (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar