Jumat, 22 Mei 2015

Dengarkan Musik Baik Untuk Kesehatan

Siapa sangka hobi yang dimiliki orang banyak ini berdampak baik untuk kesehatan yang tak banyak orang mengetahuinya. Musik tak hanya menggambarkan situasi hati seseorang, musik juga dipakai untuk penyembuhan atau terapi musik yang mengutamakan kemampuan kognitif, penambahan emosional serta tubuh yang sehat. Tapi bagaimana bisa ?

Seperti dikutip Foxnews, Jumat (22/5/2015) para ilmuwan bahkan menyamakan musik dengan obat. Penelitian kecil yang dilakukan University of Pittsburgh ini melibatkan 22 laki-laki dan 6 perempuan ini mengizinkan mereka untuk mendengarkan musik pilihan sendiri setiap hari selama enam hari. Hasilnya cukup menarik. Pasien dengan usia antara 21 dengan usia rata-rata 62,5 tidak mengalami perubahan besar dalam pemeriksaan tekanan darah rata-rata ketika mereka diberi musik melalui headset.

Untuk lebih jelasnya mengapa musik bisa berdampak baik bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat dari mendengarkan musik.
  1. Melemaskan otot-otot yang tegangStres dan tekanan sehari-hari memengaruhi kebugaran Anda. Misalnya, Anda menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan komputer, maka otot-otot di punggung, leher, dan bahu akan tegang. Dengan mendengarkan musik, Anda akan menjadi lebih santai dan otot-otot tegang pun mengendur. 
  2. Mengurangi depresiStudi di Finlandia menunjukkan bagaimana musik bermanfaat untuk pasien dengan kondisi depresi. Musik menstabilkan gelombang otak dan memiliki efek menenangkan. Namun, mendengar musik saja tidak bisa menyembuhkan, harus disertai bernyanyi, yang dapat meningkatkan keberhasilan mengatasi depresi.
  3. Mengatasi sulit tidurSalah satu penyebab insomnia adalah ketidakmampuan membebaskan pikiran-pikiran stres. Namun, musik dapat membantu menenangkan pikiran sehingga tubuh menjadi lebih mudah beristirahat. Mendengarkan musik dengan instrumen yang minimal dan berulang adalah cara terbaik untuk membantu Anda tertidur.
  4. Menyehatkan jantungKetukan ritme musik dapat memengaruhi detak jantung. Jika Anda berada dalam kondisi stres dan sering tertekan, maka akan menimbulkan ketegangan tinggi pada jantung. Oleh karena itu, biarkan diri Anda bebas dari stres dengan mendengarkan musik berirama stabil.
  5. Mengurangi asam lambung dan memperlancar pencernaanBeberapa pakar kesehatan menilai, musik yang tenang dapat mengurangi stress yang menghasilkan asam lambung yang seimbang dan pencernaan yang sehat.
  6. Meringankan rasa sakitSebuah studi dalam jurnal Frontiers in Psychology mendengarkan musik Pop dan Klasik dapat meringankan rasa sakit pada seseorang.
  7. Membantu lebih fokusMenurut studi dari Stanford University School of Medicine 2007 musik membantu seseorang lebih memerhatikan dan menyimpan ingatan ke dalam memori otak lebih baik.

sumber :
beritasehat.com
lifestyle.okezone.com
health.liputan6.com

"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar