Selasa, 27 Januari 2015

Inilah Efek Samping Dari Obat Tidur

Tidur adalah kegiatan untuk mengistirahatkan seluruh tubuh dan regenerasi sel tubuh agar bisa kembali fit dalam beraktivitas. Namun tak jarang bagi para profesional seperti pimpinan sebuah
perusahaan misalnya, sulit untuk tidur merupakan kendala bagi mereka karena tekanan pekerjaan. Untuk mendapatkan tidur yang baik beberapa orang meminum obat tidur agar tidur mereka bisa nyenyak. Tapi keseringan meminum obat tidur tersebut ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Berikut efek buruk dari obat tidur.
  1.  Pemimpin study dari University of Washington Schoolf of Pharmacy, Profesor Shelly Gray mengemukakan orang yang mengonsumsi obat-obat berikut selama lebih dari tiga tahun berisiko mengalami demensia (penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak). Obat-obat ini memiliki pengaruh besar di otak dengan memblokir asetikolin yang memiliki sejumlah fungsi di dalam tubuh.
  2. Terlalu sering mengonsumsi obat tidur akan membuat Anda ketergantungan yang berkepanjangan. Tidur lelap secara alami, tampaknya hanya mimpi yang jauh dari angan, yang hanya akan membuat Anda mengalami sulit tidur dan kerap merasa cemas.
  3. Parasomnia adalah efek samping yang umum dari beberapa obat tidur yang kuat. Misalnya, Anda akan melihat dinding gemetar dan kepala berputar.
  4. Obat tidur membuat seseorang bernapas perlahan dan kurang dalam. Obat-obat ini tidak sehat untuk pasien asma. Orang dengan gangguan pernapasan juga harus menghindari minum pil yang menginduksi tidur.
  5. Minum obat tidur mempengaruhi nafsu makan. Gangguan dari ritme sirkadian karena mengonsumsi obat tidur menyebabkan perubahan dalam semua fungsi metabolisme, terutama nafsu makan.
  6. Selama tidur diinduksi, seseorang mungkin mendapat mimpi yang tidak biasa seperti berjalan dalam tidur, ketidakstabilan, bercinta atau berjalan di tanah.
  7. Efek samping lain dari obat tidur antara lain pingsan, sakit kepala dalam, pusing di pagi hari, haus, kelelahan dan lemas.
  8. Beberapa orang minum obat tidur dengan jus atau minuman beralkohol. Salah satu efek samping dari minum obat tidur dengan alkohol adalah berbahaya bagi tubuh dan juga bisa menyebabkan kematian. Juga hindari mencampur obat tidur dengan jus jeruk.
 Sumber :
health.liputan6.com
health.detik.com
id.wikipedia.org

"Setulus Hati Kami Melayani"
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar