Minggu, 01 Februari 2015

Ciri Hormon Tidak Seimbang Dan Cara Menyeimbangkan

Masalah kesehatan lain yang sering diabaikan adalah ketidak seimbangan hormon. Banyak orang yang belum tahu betul apa fungsi hormon sehingga mengabaikannya. “Hormon” istilah berasal dari kata Yunani “hormao” yang berarti menggairahkan atau membangkitkan. Hal ini mencerminkan peran hormon yang bertindak sebagai katalis untuk perubahan kimia lainnya pada tingkat sel yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan energi.

Tubuh kita memproduksi berbagai macam hormon yang mengatur segala proses yang terjadi dalam tubuh, mulai dari kebiasaan tidur, cara berpikir, stres, berat badan, dan lainnya. Hormon yang tak seimbang bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Bagi wanita, masalah hormon setiap bulan sebelum menstruasi bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan kebugaran.

Jadi, bagaimana sih cara mengetahui hormon kita seimbang atau tidak ? Simak beberapa ciri hormon tidak seimbang.
  1. Hot flashes
    Hot flashes adalah gejala menopause yang ditandai dengan rasa panas di tubuh selama dua sampai 30 menit. Wajah menjadi merah dan panas jika disentuh. Hal tersebut diakibatkan perubahan hormon, sehingga pembuluh darah melebar serta denyut jantung meningkat.
  2. Berat badan naik mendadak
    Jika Anda tidak makan banyak dan berolahraga secara teratur, namun berat badan Anda bertambah, hal itu bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.
  3. Haid tidak teratur
    Siklus menstruasi tergantung pada perubahan bulanan dalam hormon wanita. Jadi, jika ada perubahan hormon dalam tubuh, maka menstruasi Anda akan menjadi tidak menentu. Anda mungkin terlambat haid atau bahkan mengalami pendarahan berat akibat hiperaktivitas hormon.
  4. Berkeringat
    Hormon berperan untuk membuat Anda merasa sangat panas. Ketika hormon mulai berubah, Anda akan berkeringat lebih banyak dan merasa lelah.  
  5. Mudah marah
    Saat hormon mulai tidak seimbang, Anda bisa menjadi mudah marah dan depresi.
  6. Libido seksual rendah
    Hormon yang tidak seimbang jelas mempengaruhi libido Anda. Jika gairah seksual Anda menurun tidak seperti biasanya, bisa jadi hormon Anda sedang kacau. 
  7. Infertilitas
    Jika Anda mencoba untuk hamil selama beberapa waktu namun belum mendapat momongan, maka Anda harus menyelidiki apakah Anda menderita ketidakseimbangan hormon.
  8. Rambut rontok
    Salah satu terjadinya pertumbuhan rambut disebabkan oleh hormon. Jika Anda memiliki kadar hormon yang tinggi, pertumbuhan rambut Anda akan cepat dan tebal. Tetapi selama hormon tidak seimbang,Anda mungkin kehilangan banyak rambut.
  9. Kekeringan vagina
    Biasanya permukaan vagina Anda tetap basah dan terlebih pada masa subur Anda. Tetapi jika Anda tiba-tiba menyadari bahwa vagina kering dan gatal, bisa jadi karena pengaruh rendahnya tingkat hormon.
  10. Ceroboh
    Ketika mengalami gangguan hormon, memori aktif di otak Anda akan gagal. Karenanya Anda menjadi pelupa dan ceroboh.
 Dan bagaimana cara menyeimbangkan hormon tersebut ? Simak tips berikut.
  1. Tidur
    Tidur adalah saat perbaikan tubuh. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyeimbangkan hormon. Tanpa cukup tidur, tubuh kita akan menciptakan banyak masalah termasuk mengganggu sistem endokrin. Semua ahli merekomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam sehari.
  2. Kurangi Stress
    Ketika tingkat stres naik, tubuh kita akan mengalami peningkatan denyut jantung dan adrenalin. Hal ini mengakibatkan hormon kortisol yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal menjadi berlebihan. Dalam sebuah artikel yang ditulis Elizabeth Scott, MD, kelebihan kortisol dalam jangka panjang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketidakseimbangan tiroid, kehilangan kepadatan tulang, hiperglikemia, berat badan, dan banyak lainnya. Pelajari cara untuk mengatasi stres, mungkin dengan teknik bernapas untuk memungkinkan tubuh Anda untuk rileks beberapa saat.
  3. Olahraga
    Olahraga teratur akan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Pastikan untuk selalu olahraga agar hormon tetap seimbang.
  4. Diet Sehat
    Ketika hormon tidak seimbang, yang terbaik dilakukan adalah diet. Hindari makanan yang dapat membangun malapetaka pada sistem endokrin. Makanan berserat dan berlemak alami sangat penting, seperti avokad, sayuran hijau, ubi jalar, dan blueberry.
  5. Kurangi Kopi
    Kafein merupakan stimulan hormon. Jadi, lebih baik mengurangi asupan kafein sebanyak mungkin.
  6. Perbanyak vitamin D
    Vitamin D sangat beepengaruh pada hormon. Jika Anda tidak dapat mendapat sinar matahari secara alami, pastikan konsumsi vitamin D dan suplemen B12 bila perlu.
  7. Suplemen atau vitamin
    Multivitamin hanyalah salah satu dari beberapa cara untuk menyeimbangkan hormon. Pada kenyataannya, kehidupan kita akan lebih baik jika Anda menyeimbangkan hormon secara alami.

Sumber :
www.vemale.com
www.merdeka.com
health.liputan6.com
kamuskesehatan.com

"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar