Minggu, 21 Desember 2014

Hujan Membuat Sakit, Apa Penyebabnya ?

Musim hujan telah datang menghampiri, walaupun frekuensi hujan tahun ini tidak beraturan atau
tidak setiap hari. Namun saat musim hujan ketika kita akan berangkat bekerja, khususnya yang memakai sepeda motor mau tidak mau harus menempuh hujan agar bisa sampai ke tempat kerja dengan tepat waktu. Begitu pula dengan anak-anak, bila hujan tiba tak jarang anak-anak sangat menginginkan bermain di bawah guyuran hujan bersama teman-temannya. Tapi kadang kita atau para orang tua anak takut terkena sakit saat terkena hujan. Memang apa benar hujan membuat sakit ? Lantas, kenapa tak jarang yang hujan-hujanan mereka tidak jatuh sakit ?

Pada umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah. Pada saat hujan turun virus akan lebih cepat menyebar karena suhu disekitar dingin ketimbang dimusim kemarau, karena virus tidak akan bertahan lama di udara bebas pada saat cuaca panas. Akibatnya ketika saat kekebalan tubuh kita menurun sedangkan penyebaran virus dimusim dingin cepat menyebar kita akan gampang sakit. Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal ini yang juga membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala.

Air hujan yang pertama kali jatuh setelah musim kemarau juga menjadi penyebab kita atau anak-anak mudah sakit karena mengandung zat-zat polutan beserta senyawa kotor yang bersifat asam. Bila air hujan yang kotor tersebut terkena kepala kita dan masuk ke pori-pori kepala kita, maka zat kotor tersebut melewati pembuluh darah kita lalu mengotori didalam tubuh sehingga tak jarang orang sangat mudah sakit seperti sakit kepala, flu, daya tahan tubuh menurun, ruam-ruam, gatal, dan lain-lain. Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

Tapi kenapa ada yang terkena atau sengaja mandi hujan mereka tidak sakit ? Jawabnya karena daya tahan tubuh mereka pada saat itu sedang optimal menangkal dinginnya musim hujan. Maka dari itu persiapkan diri kita dan anak-anak pada musim hujan dengan asupan nutrisi dan minum suplemen vitamin agar daya tahan tubuh kita optimal melindungi tubuh kita dari hujan. Setelah mandi hujan terutama hujan pertama setelah kemarau, segera bilas kepala Anda agar zat polutan tidak sampai masuk ke pori-pori rambut Anda dan makanlah makanan yang hangat agar menstabilkan suhu tubuh Anda setelah terkena hujan.

sumber :
health.detik.com
anakku.net
kesehatanwanitaku.com




"Setulus Hati Kami Melayani"
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar