Selasa, 09 Februari 2016

Fakta Coklat Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

Siapa yang tidak kenal dengan coklat. Ya, makanan satu ini mempunyai penggemar paling banyak
diseluruh dunia baik itu anak-anak, orang dewasa maupun lanjut usia. Tapi bagaimana jika seorang ibu hamil mengkonsumsi coklat, apakah berbahaya ?

Menurut penelitian terbaru, cokelat membantu menurunkan tingkat stres pada wanita hamil dan juga membantu melahirkan bayi yang lebih bahagia dan kurang rewel. Ini ditemukan peneliti dari University of Helsinki , Finlandia. Bayi yang lahir dari ibu yang makan cokelat setiap hari selama
kehamilan lebih banyak tersenyum dan tertawa, serta lebih aktif. Bahkan bayi dari wanita hamil yang stres tapi rutin makan cokelat menunjukkan kurang takut dengan situasi baru dibandingkan ibu yang tak makan cokelat.

Tak hanya itu, ternyata coklat juga mempunyai manfaat lain untuk ibu hamil seperti yang ditulis Boldsky yaitu sebagai berikut :
  1. Mencegah Pre-Eklampsia
  2. Ibu Hamil tidak boleh makan coklat karena takut mengalami obesitas pada kehamilan? Jangan salah! untuk Anda yang senang ngemil cokelat tidak perlu khawatir dengan kegemukan justru kebiasaan ngemil cokelat ini ternyata sangat bermanfaat. Khasiat coklat untuk ibu hamil ternyata sangat luar biasa. Menurut Dr. Elixabeth W.Trice dari Yale University, New Haven, Connecticut, makan coklat dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan serius yang dikenal Preeklamsia. Dark coklat mengandung zat kimia yang disebut theobromine dimana fungsinya dapat menstimulasi jantung, merilekskan otot otot, dan memperbesar pembuluh darah. Ibu hamil yang suka ngemil coklat 5 kali dalam satu minggu 40% cenderung tidak mengalami preeklamsi atau memiliki risiko lebih rendah pada preeklamsi. Preeklampsia (sering disebut keracunan kehamilan) adalah suatu kondisi di mana wanita hamil mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) yang disertai tingginya kandungan protein dalam urin. Kondisi ini berbahaya karena bisa jatuh pada kondisi serangan kejang (eklampsia).

  3. Sumber Antioksidan
  4. Dalam sebuah kehamilan dibutuhkan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dapat membentuk sistem kekebalan dan kesehatan ibu hamil. Bahkan antioksidan dapat menyebabkan ibu hamil dan janin terbebas dari resiko kanker dan penyakit jantung. Manfaat coklat untuk ibu hamil mengandung flavonoid yang membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan bahagia.

  5. Mencegah Penyakit Jantung
  6. Coklat mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan juga berperan penting untuk menjaga kesehatan dan melindungi jantung dari berbagai jenis penyakit. Konsumsi coklat untuk ibu hamil akan menurunkan resiko penyakit jantung pada janin.

  7. Menormalkan Tekanan Darah
  8. Sistem tekanan darah dan produksi darah untuk wanita hamil memang sangat penting. Tapi dalam beberapa jenis kondisi kehamilan banyak ditemukan kasus dengan ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi. Coklat menjadi salah satu makanan yang bisa membuat tekanan darah ibu hamil kembali normal dan mengurangi resiko cacat pada janin. Komponen theobromin yang ditemukan pada coklat memiliki peran yang penting untuk mencegah masalah ini. Makanan sehat untuk ibu hamil ini, juga mencegah masalah pelebaran pembuluh darah yang sangat rentan untuk ibu hamil.

  9. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
  10. Banyak wanita hamil yang tidak mau makan coklat karena takut gemuk atau makanan berbahaya yang menimbulkan masalah lain, namun ternyata mitos ini tidak benar. Coklat mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting seperti magnesium dan zat besi. Magnesium dan zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu proses metabolisme lemak, produksi sel darah merah dan melindungi ibu hamil dari anemia.

  11. Membantu Menurunkan Berat Badan
  12. Apakah Anda percaya bahwa coklat bisa membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih gemuk? Pada dasarnya isu ini memang benar. Tapi jika mengkonsumsi coklat yang tidak mengandung lemak dan gula atau coklat hitam yang rendah lemak dan gula, maka bisa menurunkan berat badan. Makan coklat dengan cara yang benar akan membantu menurunkan berat badan karena pencernaan ibu hamil menjadi lebih nyaman.

  13. Mengubah Suasana Hati Ibu Hamil Lebih Bahagia
  14. Khasiat coklat ini dikarenakan coklat mengandung molekul psikoaktif yang membuat orang yang mengkonsumsinya merasa bahagia dan nyaman. Namun, walau bermanfaat Anda tetap harus menjaganya supaya tidak berlebihan karena bisa rawan terkena diabetes.

  15. Meningkatgkan Respon Bayi
  16. Coklat yang dikonsumsi selama kehamilan ternyata memberikan efek yang sangat baik terhadap respon bayi ketika sudah lahir maupun dalam pertumbuhan. Bayi akan menjadi lebih santai dan tenang sehingga memiliki respon yang sangat baik terhadap orang tua dan berbagai kondisi lingkungan. Hal ini disebabkan karena coklat mengandung phenythylamin yang dikonsumsi selama kehamilan juga menjadi nutrisi ibu hamil yang diserap oleh janin.


    Sumber :
    hamil.co.id
    log.viva.co.id
    kehamilanku.web.id
    health.liputan6.com

"Setulus Hati Kami Melayani" 

RSIA Lembayung Husada
jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru

Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar