Senin, 07 September 2015

Tanda Dari Wajah Bahwa Tubuh Terserang Penyakit

Pada kesempatan kali ini akan membahas topik ringan, yaitu tanda-tanda tubuh diserang penyakit
yang dilihat dari wajah. Sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari boldsky.com menjelaskan adanya hubungan kesehatan tubuh dengan wajah Anda. Misalkan saja dilihat warna wajah apabila terlihat pucat maka kemungkinan seseorang tersebut terkena anemia. "Wajah benar-benar dapat membocorkan beberapa rahasia mengejutkan tentang kesehatan Anda," ujar Dr Helen Stokes-Lampard, dari Royal College of General Doctor. Berikut beberapa tanda-tanda dari wajah bahwa tubuh terserang penyakit.

  1. Perubahan Warna Bibir
  2. Dilihat dari warna bibir ada beberapa kemungkinan seseorang terkena penyakit, misalkan bibir yang berwarna biru bisa menjadi tanda dari kondisi jantung atau paru-paru bermasalah.

  3. Ruam di Hidung dan Mata
  4. Saat muncul ruam di hidung atau bawah mata Anda, maka ini bisa menjadi tanda lupus di tubuh. Lupus adalah masalah kesehatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan pada sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, dan otak.

  5. Kulit Wajah Kering
  6. Kulit kering selain merupakan tanda tubuh Anda dehidrasi, juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah kesehatan lain pada tubuh Anda. Contohnya adalah diabetes dan tiroid. Oleh karena itu perhatikan kondisi kesehatan kulit Anda sejak dini.

  7. Bibir Pecah-Pecah
  8. Saat Anda memerhatikan bibir Anda dan mendapati bahwa kulit bibir Anda pecah, maka itu bisa berarti bahwa Anda kekurangan air dalam tubuh. Selain itu bibir pecah juga berarti bahwa ada disfungsi tiroid atau Anda mengalami alergi obat. Di sisi lain, jika bibir Anda retak dan disertai dengan kulit kering bersamaan dengan nyeri sendi, maka kemungkinan Anda juga memiliki masalah dengan liver Anda.

  9. Adanya Pigmentasi/Bintik Pada Leher
  10. Pigmentasi leher bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Tindakan preventif yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan tiroid Anda.

  11. Keringat Berlebih di Wajah
  12. Berkeringat adalah hal yang wajar sebab keringat menjadi jalan bagi racun dari dalam tubuh Anda untuk keluar. Namun jika keringat yang keluar menjadi berlebihan, maka bisa jadi Anda menderita penyakit hiperhidrosis, kekurangan hormon, atau menopause bagi wanita. Jadi jika Anda merasa bahwa keringat yang muncul di wajah Anda terlalu banyak, maka mungkin ada baiknya Anda memeriksakan kondisi kesehatan tubuh Anda.

  13. Wajah Bengkak
  14. Selain menjadi tanda bahwa Anda kurang tidur, wajah yang bengkak juga bisa menjadi tanda Anda mengalami gangguan fungsi ginjal atau jantung karena sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

  15. Lingkar Hitam di Mata
  16. Tanda ini bisa mengindikasikan kadar kolesterol dalam darah yang tinggi. Kolesterol juga dapat menyebabkan timbunan lemak di bawah kulit atau sekitar kelopak mata seseorang. Biasanya sering terjadi pada orang muda di bawah usia 35.

  17. Mata Kedutan 
  18. Mata berkedut yang dikenal sebagai myokymia terjadi ketika otot-otot di kelopak mata secara acak mengalami kejang setiap beberapa detik. Salah satu penyebabnya adalah stres. Pada kondisi ini tubuh berhenti menyerap vitamin B esensial, yang berguna untuk menjaga kekuatan otot mata. Mata kedutan juga bisa menjadi tanda awal dari penyakit multiple sclerosis.

  19. Pembesaran Hidung
  20. Kemungkinan penyebabnya adalah rosacea dan akromegali, sebuah penebalan kulit di sekitar hidung yang dikenal sebagai rhinophyma. Kondisi kulit kronis diduga disebabkan oleh kelainan pada pembuluh darah wajah serta peningkatan kadar kelenjar minyak.
     
Sumber :
https://merdeka.com
https://beritasatu.com
https://tribunnews.com

 
"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada
jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar