Senin, 21 September 2015

Bahaya Kafein Pada Anak dan Remaja

Saat ini stasiun televisi memang menjadi media periklanan sebuah produk yang menuai keberhasilan pemasaran yang sangat tinggi, salah satunya iklan dari sebuah minuman berkafein seperti minuman energi dan kopi. Minuman berkafein saat ini telah banyak dikonsumsi tanpa takaran oleh banyak remaja bahkan anak-anak. Padahal konsumsi kafein harus dibatasi pada jumlah tertentu. Orangtua harus tahu kafein memiliki beberapa efek samping yang dapat membahayakan kesehatan seorang anak.


Faktanya, Seorang murid dari SMA Keystone di LaGrange, Ohio, Stiner (18) ditemukan meninggal dunia akibat overdosis kopi. Stiner ditemukan tak bernyawa setelah mengonsumsi lebih dari 70 mikrogram kafein per mililiter darah dalam tubuhnya. Saran harian untuk menikmati kafein sebenarnya adalah 200 miligram. Takaran tersebut biasanya setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi. Saran tersebut berasal dari Food Standards Agency, yang mengingatkan kalau mengonsumsi kafein bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dari penjelasan di atas sudah pasti kafein akan berdampak berbahaya pada anak-anak. Berikut adalah enam efek samping kafein pada anak-anak, seperti dilansir boldsky.

  1. Kurang Vitamin
  2. Anak-anak yang suka minum minuman yang mengandung kafein cenderung menderita kekurangan vitamin dan mineral. Karena minuman semacam itu tidak menyediakan nutrisi apa pun, orang tua harus fokus pada kesehatan makanan anak mereka.

  3. Kesehatan Gigi
  4. Ini adalah fakta bahwa minuman manis dapat merusak gigi. Gigi berlubang dan masalah lain yang terjadi pada gigi anak umumnya disebabkan oleh minuman berkafein yang memiliki zat asam.

  5. Obesitas
  6. Anak-anak yang mengonsumsi minuman ringan yang mengandung kafein juga cenderung menderita obesitas.

  7. Kegelisahan
  8. Konsumsi kafein berlebih juga dapat menyebabkan masalah mental pada anak-anak. Anak-anak akan merasa gelisah sampai efek dari kafein menghilang.

  9. Masalah Perut
  10. Apakah Anda tahu bahwa anak-anak dapat menderita masalah perut karena kafein? Jadi batasi konsumsi kafein pada anak.

  11. Gangguan Tidur
  12. Konsumsi kafein berlebih juga dapat mengganggu pola tidur alami anak. Pastikan bahwa anak Anda mengonsumsi kafein dalam jumlah terbatas.

sumber :
health.liputan6.com
merdeka.com

"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada
 
 
jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar