Senin, 29 Juni 2015

Beberapa Tips Agar Tetap Kuat Berpuasa

Puasa telah berjalan hampir 2 minggu. Ibadah yang wajib dijalankan bagi seluruh umat muslim. Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam.


Di Indonesia sendiri rata-rata waktu puasa yaitu sekitar lebih dari 13 jam. Banyak pertanyaan dalam kehidupan kita sehari-hari saat berpuasa, diantaranya bagaimana cara menghindari mual saat berpuasa, sahur dan berbuka seperti apa yang menyehatkan, mudah haus padahal saat sahur sudah minum yang cukup. Mari lihat beberapa tips berpuasa berikut.

  1. Mulailah dengan makan sahur yang bergizi dan cukup, seperti ubi-ubian, nasi merah, sayur, daging berprotein tinggi, buah-buahan. Karena semua makanan ini lebih lambat dicerna tubuh sehingga saat berpuasa tidak mudah merasa lapar.
  2. Hindari makanan pedas dan asam saat berbuka maupun sahur yang akan mengganggu aktivitas ibadah tarawih setelah berbuka dan membuat perut mual saat berpuasa.
  3. Sebisa mungkin saat sahur hindari makanan yang mengandung tinggi garam, karena garam memiliki sifat menarik cairan didalam tubuh, sehingga sel-sel kita akan kekurangan cairan dan menciptakan mekanisme haus.
  4. Cobalah minum 2-4 gelas air putih saat sahur, dan hindari minuman kopi dan teh yang membuat kita selalu ingin pipis (efek diuretik) yang menyebabkan salah satu faktor cepat haus saat berpuasa.
  5. Jangan makan makanan berlebih saat sahur, karena akan membuat kadar gula naik  mendadak, produksi insulin meningkat sehingga akan membuat seseorang mengantuk yang membuat produktivitas menurun.

Santap sahur yang bergizi seimbang pastinya akan membantu Anda menjalankan aktivitas sehari-hari meski sedang berpuasa. Bahkan, tak jadi masalah jika Anda tetap ingin melakukan olahraga di saat berpuasa.

sumber :
merdeka.com
health.detik.com
health.kompas.com
wikipedia.org

"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar