Senin, 13 April 2015

Manfaat Menyusui ASI Namun Jarang Disadari

Menyusui, ya. Tentu saja hampir semua ibu pernah menyusui bayinya dengan ASI. Namun tidak semua ibu menyusui memberikan ASI, beberapa lebih memilih memberikan susu formula. Padahal ASI memiliki sejuta manfaat untuk sang buah hati di antaranya membentuk antibodi yang sangat besar untuk menangkal beragam penyakit, bayi akan lebih sehat cerdas dan memiliki IQ yang lebih tinggi, meningkatkan ikatan hubungan antara ibu dan bayi, dan lain-lain.


Tapi kenapa beberapa ibu memilih untuk memberikan susu formula ? ada beberapa menjawab diantaranya karena tidak ingin kekencangan payudaranya mengendur, lebih hemat waktu, dan sebagainya. Sebelum berpikir demikian, lihat terlebih dahulu manfaat menyusui ASI.

  1. Menurunkan Berat Badan. Saat mengandung, bisa dipastikan berat badan seorang wanita akan dengan mudah naik dan melebihi berat badan idealnya. Dan setelah melahirkan, berat badan bisa dengan mudah turun selama menyusui. Kegiatan menyusui dikatakan sebagai kegiatan yang membantu wanita membakar kalori dalam tubuh lebih mudah. ketika menyusui itu berarti sama dengan membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama jika anda berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam. Tidak hanya itu saja, beberapa penelitian menyebutkan ketika seorang wanita menyusui, maka ia akan memperhatikan setiap makanan yang ia konsumsi. Ketika menyusui wanita cenderung memilih makanan yang sehat dan rendah lemak serta rendah kolesterol agar si bayi tumbuh dan berkembang secara baik. Hal inilah yang dipercaya bahwa menyusui adalah cara terbaik tubuh turunkan berat badan.
  2. Membantu Pikiran Menjadi Lebih Rileks. Beberapa study menyebutkan bahwa kegiatan menyusui adalah suatu aktivitas yang bisa bantu seseorang mendapatkan pikiran rileks dan tenang. Bersentuhan kulit dengan bayi dikatakan bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dan sabar. Saat seorang ibu menyusui buah hatinya, naluri keibuan seorang wanita secara langsung maupun tidak langsung dipastikan akan muncul. Study juga menyebutkan bahwa saat menyusui, wanita mengeluarkan hormon endorfin dimana hormon ini bisa bantu pikiran lebih rileks, tenang dan bahagia.
  3. Mengurangi Resiko Kanker Payudara dan Kanker Rahim. Penyakit paling berbahaya dan juga paling berisiko bagi wanita salah satunya adalah kanker payudara. Namun tahukah Anda, beberapa penelitian menyebutkan bahwa menyusui adalah kegiatan yang bisa bantu wanita menurunkan risiko kanker dalam dirinya. Menyusui adalah cara paling mudah bagi wanita terhindar dari risiko kanker payudara. Saat wanita menyusui, maka di saat inilah payudara bekerja dengan baik. Sel kanker yang mungkin menyerang di dalam kelenjar payudara seseorang, perlahan dipercaya berkurang karena aktivitas menyusui. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.
  4. Membantu Ibu Beristirahat. Mengasuh bayi adalah kegiatan yang cukup rumit dan cukup menyita banyak waktu bagi orang tua. Namun bagi Anda seorang ibu atau calon ibu, jangan khawatir jika waktu istirahat Anda akan berkurang hanya karena mengasuh bayi. Agar waktu istirahat yang Anda miliki cukup, pastikan bahwa Anda menyusui buah hati Anda. Ketika menyusui, seseorang bisa sekaligus melakukan istirahat. Hal ini mengingat jika aktivitas menyusui bisa dilakukan dengan tiduran ataupun duduk.
  5. Sebagai Alat Kontrasepsi. Pemberian asi secara ekslusif dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Walaupun ini hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan, dan dengan catatan harus bersifat ekslusif. Hisapan bayi pada payudara ibu merangsang hormon prolaktin. Hormon prolaktin dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan.


sumber :
vemale.com
bidanku.com
health.kompas.com

"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar