Minggu, 12 Juli 2015

Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Nutrisi pada saat hamil harus tercukupi dan terjaga setiap harinya, karena nutrisi tersebut dibutuhkan
untuk memelihara tumbuh kembang janin dan ibunya. Karena apabila terjadi kekurangan nutrisi akan berdampak buruk bagi calon bayi maupun sang ibu.

Lalu, nutrisi yang seperti apa yang harus dipenuhi ibu agar kehamilan tetap sehat ? Berikut beberapa makanan bernutrisi yang harus dikonsumsi ibu :



  1. Sayuran Berdaun Hijau Tua
  2. Sayuran seperti bayam dan kangkung merupakan sumber zat besi, serat, folat dan vitamin C yang membantu ibu mencegah kekurangan zat besi, penyerapan zat besi, sembelit,dan membantu tumbuh kembang bayi di dalam rahim.

  3. Ati Ayam
  4. Ati ayam merupakan sumber protein hewani yang kaya akan folat yang berfungsi meningkatkan kesuburan dan meminimalkan risiko kecacatan pada janin dan bayi. Kandungan vitamin B12 dapat membantu mempercepat regenerasi sel darah merah dan meminimalkan risiko penyakit anemia.

  5. Nasi Merah
  6. Nasi merah kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Di samping itu nasi merah juga rendah indeks glikemik dan membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B diperlukan untuk kesehatan sistem saraf dan produksi sel-sel darah merah. Saat hamil, volume darah meningkat 40-40 persen.

  7. Daging
  8. Daging sapi adalah sumber vitamin B12 dan sumber vitamin B6. Vitamin B12 ini yang sangat penting untuk metabolisme sel, menjaga sistem saraf yang sehat dan produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, daging sapi mengandung zat besi dan seng enam kali lebih tinggi dari pada daging lainnya.

  9. Strawberry
  10. Buah jenis berry ini sering dijuluki makanan super karena mengandung antioksidan, folat, serat dan vitamin C. Antioksidan yang dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan bermanfaat membantu melindungi bayi dari risiko diabetes tipe 2 atau obesitas.

  11. Kacang-kacangan
  12. Ada begitu banyak pilihan, manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.

  13. Minyak Ikan
  14. Minyak ikan mengandung asam lemak Omega Tiga yang diperlukan untuk perkembangan mata dan sistem saraf bayi.Sumber asam lemak omega tiga ada pada ikan salmon. Kalau mahal, pilihlah ikan kembung. Namun British Nutrition Foundation mengingatkan wanita hamil sebaiknya tidak berlebihan makan ikan karena dikhawatirkan mengandung polutan yang berbahaya buat bayi.

  15. Ubi
  16. Ubi ini enak disantap hanya dengan dibakar atau direbus. Ubi kaya akan antioksidan, vitamin B, C dan serat. Selain itu, ubi juga sumber karbohidrat yang sehat sehingga ibu jadi kenyang lebih lama. Kandungan seratnya diperlukan untuk mencegah sembelit.

Sumber :
bunda.co.id
tribunnews.com
bidanku.com
health.liputan6.com


"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar