Jumat, 21 Juni 2013

APA YANG TERJADI SAAT PEMBUAHAN ?


APA YANG TERJADI SAAT PEMBUAHAN ?

Kehidupan berawal dari proses pembuahan, saat sel sperma menembus sel telur dan bersatu dengan sel telur itu. Saat sel sperma dan sel telur (masing-masing 23 kromosom) bersatu, sel telur yang sudah dibuahi mempunyai 46 kromosom untuk membentuk seorang manusia. Kembar dua atau lebih terjadi bila dua telur atau lebih dibuahi bersamaan. Kembar identik terjadi jika satu telur yang dibuahi terbagi dua dan menjadi dua bayi. Bila satu sel telur dibuahi satu sel sperma dan membelah menjadi dua, dua embrio yang dihasilkan selalu berjenis kelamin sama dan identik karena keduanya mengandung materi genetik yang sama. ini dikenal sebagai mono-zigot. sedang kembar tidak identik (fraternal) atau dwi-zigot adalah hasil dua sel telur berbeda, yang dibuahi dua sel sperma berbeda secara bersamaan sehingga kedua embrio tertanam dan berkembang. Mereka berbeda rupa dan mungkin berbeda jenis kelaminnya.

PERJALANAN SEL TELUR
Saat pertama kali dibuahi, dalam perjalanan ke saluran tuba falopi dan menuju rahim, sel telur seperti pesawat ruang angkasa yang bertahan hidup dengan simpanan tenaganya sendiri. Pada tahap ini, sel telur masih sangat kecil dan tak terlihat oleh mata. Setelah enam hari, saat telur mulai kehabisan tenaga, ia akan menempelkan diri ke dinding rahim. 

SAAT PEMBUAHAN
Umumnya, hanya satu sperma yang bisa menembus selaput luar sel telur yang kuat. Sel sperma kehilangan ekornya setelah memasuki sel telur. Sel telur yang telah dibuahi membelah dengan cepat menjadi dua sel, lalu empat, kemudian delapan, dan seterusnya. Sel-sel awal ini, ketika sel telur yang dibuahi (morula) berjumlah kurang dari 32 sel, sudah dapat membentuk bagian tubuh bayi dan dikenal sebagai sel totipotential.

PENANAMAN/ IMPLANTASI
Setelah enam hari, kumpulan sel mempunyai rongga hampa. Kumpulan ini disebut blastokis dan menempel ke dinding rahim. Beberapa sel tumbuh dalam lapisan rahim, dan sistem penunjang hidup bayi (plasenta) mulai terbentuk.

Sumber : Dr. Chistoph Lees , Dr. Karina Reynols dan Grainne McCartan. 2003. Buku Tanya Jawab Kehamilan. Jakarta : PT. Primamedia Pustaka.

"Setulus Hati Kami Melayani"

RSIA Lembayung Husada
Jln. A. Yani KM. 36 Simpang Empat Banjarbaru
Telp: (0511) 4777115/ 4774982 Fax; (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar