Sabtu, 30 Mei 2015

Inilah Mengapa Sel Kanker Bisa Tumbuh Kembali

Salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini ternyata memang benar-benar sangat berbahaya. Mengapa demikian ? Survivor kanker yang sebenarnya dikatakan sembuh pun kanker bisa tumbuh lagi.

para ilmuwan The Institute of Cancer Research di London berhasil mengetahui apa yang menyebabkan beberapa jenis kanker tumbuh kembali, bahkan setelah satu dekade kemudian. Bukti genetik menunjukkan sel kanker bisa "tidur" untuk menghindari efek dari terapi dan kemudian "bangun" kembali beberapa tahun kemudian.


Penelitian ini sangat unik karena para ahli mengambil sampel darah dan sumsum tulang dari pasien yang menderita leukemia langka, selama 20 tahun. Kemudian sampel yang diambil saat pasien didiagnosa kanker di usia 4 tahun itu dianalisa, demikian juga saat kanker kembali muncul ketika pasien berusia 25 tahun.  "Selama ini sudah diketahui bahwa kasus leukemia yang langka bisa kembali lagi saat penyakitnya seolah sudah sembuh. Tapi kami tidak memiliki bukti kuat bahwa sel kanker bisa tidur untuk periode sepanjang itu," kata Mel Greaves, ketua peneliti. Sel yang menyebabkan hal itu lantas diberi nama sel batang kanker. Menurut mereka, sel inilah yang seharusnya ditargetkan selama masa terapi untuk menghindari kekambuhan.

Normalnya, sel sehat dalam tubuh manusia mengandung 46 kromosom. Namun, beberapa sel-sel kanker dapat memiliki lebih dari 100 kromosom. Dan pola ini tidak konsisten. Bahkan dengan sel tetanggapun bisa memiliki jumlah kromosom yang berbeda. Para ilmuan telah berusaha memecahkan bagaimana kanker menjadi begitu beragam. Ketika sel kanker membagi dirinya membuat dua sel baru, kromosom tidak dibagi secara merata diantara keduanya.

Meskipun demikian, perbuatan mungkin tidak semudah ucapan. Pasalnya sifat dari sel batang kanker ini sama seperti sel batang sehat dalam tubuh. Sel yang sehat selama ini berfungsi untuk meregenerasi jaringan. Jika salah menargetkan sel batang, bisa-bisa jaringan sehat ikut rusak dan justru membahayakan nyawa pasien.
Namun adanya penelitian ini membuat para ahli semakin optimis. Mereka yakin untuk menemukan metode terbaik dalam menghancurkan sel batang kanker tersebut tanpa merugikan pasien.
sumber :
health.kompas.com
tekno.tempo.co
merdeka.com

"Setulus Hati Kami Melayani" 
RSIA Lembayung Husada


jl. A. Yani km. 37,7 Simpang Empat Banjarbaru
Telp : (0511) 4777115/ 4774982 Fax: (0511) 4773280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar